Selasa, Desember 20, 2016

Hindari Konsumsi Kedelai Bagi Penderita Kanker Payudara

Hindari konsumsi kedelai bagi penderita kanker payudara,- Kedelai sering kali dijadikan olahan masakan yang sangat digemari masyarakat, Karena selain nilai ekonomisnya terjangkau, kedelai memiliki banyak kandungan senyawa alamiah yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Lalu apakah benar kedelai bisa meningkatkan resiko terkena penyakit kanker payudara ?

Hindari Konsumsi Kedelai Bagi Penderita Kanker Payudara 


Kandungan fitoestrogen atau juga biasa dikenal dengan nama isoflavon dalam kedelai mempunyai struktur yang hampir mirip dengan estrogen, di mana estrogen merupakan hormon dalam tubuh yang menjadi salah satu faktor risiko kanker payudara. Dampak dari fitoestrogen pada tubuh tidak sepenuhnya dimengerti, fitoestrogen bisa bertindak seperti estrogen lemah di situasi tertentu, tetapi juga bisa menghambat aksi dari estrogen

Fitoestrogen memang mirip dengan estrogen tetapi lebih lemah. Estrogen dalam tubuh jauh lebih kuat dibandingkan dengan fitoestrogen dalam kedelai untuk bisa menjadi faktor risiko dari kanker payudara. Jadi, fitoestogen yang lemah mungkin tidak bisa menggantikan estrogen sebagai faktor risiko kanker payudara.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi kedelai tidak meningkatkan risiko kanker payudara, justru dapat mengurangi risiko kanker payudara. Penelitian yang melibatkan 73.000 wanita di Cina menunjukkan bahwa wanita yang mekan setidaknya 13 gram protein kedelai setiap hari sebanyak 1-2 porsi, memiliki risiko 11% lebih kecil untuk mengembangkan kanker payudara daripada wanita yang mengonsumsi protein kedelai kurang dari 5 gram per hari.

Kita juga bisa melihat secara langsung pada orang Asia. Orang Asia yang terbiasa mengonsumsi makanan dari kedelai memiliki risiko kanker payudara pada tingkat yang lebih rendah, seperti kata Marleen Meyers, MD, direktur Perlmutter Cancer Center Survivorship Program di NYU Langone Medical Center, dilansir dari WebMD
BACA : Obat kanker payudara

Penelitian lain yang dilakukan oleh Cancer Research UK, National Cancer Institute of the USA, dan National University of Singapore tahun 2002 juga membuktikan bahwa konsumsi kedelai tidak meningkatkan risiko kanker payudara. Penelitian ini menghubungkan konsumsi kedelai dan dampaknya pada jaringan payudara. Hasilnya menunjukkan bahwa wanita dengan diet tinggi kedelai memiliki jaringan payudara padat yang lebih rendah dibandingkan dengan wanita dengan diet rendah kedelai. Jaringan payudara padat yang lebih tinggi berhubungan dengan risiko kanker payudara yang lebih tinggi.

Jadi, Anda tidak perlu menghindari konsumsi kedelai untuk mencegah kanker payudara. Sampai saat ini, kedelai belum terbukti dapat benar-benar meningkatkan risiko kanker payudara. Bagi Anda yang memiliki kanker payudara atau pernah menderita kanker payudara, Anda juga tidak perlu untuk berhenti mengonsumsi kedelai dan makanan yang terbuat dari kedelai.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of the National Cancer Institute tahun 2014 menunjukkan bahwa konsumsi suplemen kedelai dalam jumlah tinggi dapat mengaktifkan gen yang dapat mendorong pertumbuhan kanker pada wanita dengan kanker payudara stadium awal. Jika Anda mempunyai kanker payudara, Anda tetap bisa mengonsumsi kedelai tetapi dalam jumlah sedang, seperti kata Jacqueline Bromberg, M.D., Ph.D., seorang peneliti pada penelitian ini

Beberapa ahli khawatir, konsumsi kedelai dalam jumlah tinggi (diperoleh dari suplemen kedelai) pada pasien kanker dapat mengganggu obat kanker payudara yang berfungsi menurunkan kadar estrogen, seperti tamoxifen. Namun, penelitian juga menunjukkan bahwa kedelai mampu melindungi pasien kanker payudara -yang mengonsumsi obat tamoxifen- dari kekambuhan.

Sebaiknya konsumsi kedelai dalam jumlah sedang. Menurut American Institute for Cancer Research, konsumsi kedelai jalam jumlah sedang (1-2 porsi per hari) tidak akan meningkatkan risiko kanker payudara, justru dapat menurunkan risiko kanker payudara

Terimakasih telah berkunjung, Semoga bermanfaat dan lekas sembuh dari penyakit KANKER PAYUDARA

Hindari Konsumsi Kedelai Bagi Penderita Kanker Payudara
Load disqus comments

0 komentar